Memaknai Esensi Pancasila melalui Organisasi Kemahasiswaan

garuda_

Salah satu karya terbesar The Founding Fathers Negara ini ialah terbentuknya Pancasila sebagai dasar Negara yang mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat. Pancasila menjadi cita-cita Ir Soekarno dan kawan-kawan untuk menciptakan Indonesia menjadi suatu Negara yang sejahtera dan dapat bersaing dengan Negara lain dengan berdasarkan pada lima nilai ideologis yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Perjuangan para founding fathers yang telah mengorbankan tenaga, materi, pikiran, dan waktu mereka guna menciptakan Indonesia yang lebih baik haruslah diapresiasi dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila tersebut dalam kehidupan sehari-hari, dan sejatinya Pancasila ini dapat diimplementasikan dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Dalam ranah yang lebih kecil di Universitas, salah satu cara memaknai esensi Pancasila ialah dengan mengikuti organisasi kemahasiswaan, yang tentunya tanpa menghilangkan unsur prestasi dalam bidang akademis. Organisasi kemahasiswaan menjadi sarana pelatihan dan pengembangan diri mahasiswa guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas bukan hanya dalam segi intelektual (hard skills) tetapi juga dalam segi karakter (soft skills).

Sila pertama, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa, menjadi dasar utama pelaksanaan organisasi kemahasiswaan. Nilai-nilai spiritualitas merupakan hal pokok yang diyakini tiap individu dalam organisasi tersebut, tingkat toleransi beragama dalam internal organisasi juga sangat tinggi, mengingat kekeluargaan merupakan nilai utama dalam organisasi, sehingga ikatan anggota dalam organisasi menjadi sangat erat tanpa memandang perbedaan agama, etnis, ataupun budaya.

Organisasi kemahasiswaan bukanlah suatu wadah yang mengekang hak-hak individu anggotanya untuk melakukan berbagai kegiatan diluar organisasi. Maksudnya organisasi ini tidak akan menuntut tiap anggotanya untuk hanya fokus pada kegiatan organisasi tanpa menghiraukan kegiatan akademis maupun kegiatan lainnya. Berbagai kesibukan dalam organisasi diharapkan tidak mengurangi prestasi akademis anggotanya, bahkan banyak organisasi yang memberikan apresiasi tinggi kepada anggota yang berprestasi. Hal ini merupakan cerminan dari sila kedua Pancasila, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.

Organisasi kemahasiswaan mengajarkan bahwa di setiap aktifitas dalam organisasi memerlukan adanya kerjasama, seluruh anggota organisasi haruslah bersatu dalam mencapai tujuan organisasi, tidak memandang berbagai macam latar belakang dari tiap individu yang ada didalamnya. Hal ini sejalan dengan sila ke-3 Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.

Nilai demokrasi yang diusung dalam sila ke-4 Pancasila juga merupakan suatu elemen yang melekat dalam setiap kegiatan organisasi kemahasiswaan, mulai dari proses pengambilan keputusan, penentuan jabatan, proses kaderisasi, evaluasi, dan banyak hal lainnya, dilakukan dengan demokratis.

Dalam menjalankan programnya tiap organisasi diharapkan menghasilkan output yang menciptakan terwujudnya keadilan bagi seluruh aspek yang terlibat didalamnya.  Sebagai contoh, ketika bagian advokasi kesejahteraan mahasiswa melakukan peninjauan terhadap pengurangan biaya pendidikan mahasiswa, maka sudah seharusnya setiap mahasiswa yang tidak mampu mendapat perlakuan yang sama dan tidak dibeda-bedakan, demi tercapainya keadilan dalam proses keringanan tersebut. Hal ini sangat merepresentasikan nilai utama dari sila ke-5 Pancasila yaitu keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Maka, melalui kegiatan organisasi kemahasiswaan, baik secara sadar maupun tidak sadar, mahasiswa telah mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang menjadi cita-cita Founding Fathers Negara ini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s