Memandang ke Depan Berbekal Semangat

13673958591779562031_300x450

Tulisan ini saya buat ketika pergantian tahun 2012 ke 2013, hmm sedikit merefleksikan terkait dengan resolusi di tahun 2013 🙂

Melihat kembali rekam jejak Indonesia di tahun 2012 ternyata masih banyak ditemukan berbagai permasalahan yang jauh dari kata selesai, seperti masih banyaknya ditemukan kasus premanisme, kondisi perpolitikan Indonesia yang ternyata masih terlihat carut marut, seperti pergolakan yang terjadi dalam kubu pssi, kasus hambalang, dan sebagainya, tingkat kriminalitas yang masih tinggi, hingga isu-isu kemanusiaan seperti aksi solidaritas gaza, dan di akhir tahun ini hingga sekarang terjadi, mengenai permasalahan penggusuran kios di daerah stasiun yang dilakukan PT KAI, dan masih banyak lagi permasalahan lainnya.

Tetapi lepas dari semua hal yang terjadi di tahun 2012, sudah sepantasnya kita menjernihkan kembali pikiran kita. Istilah “resolusi” mungkin selalu menjadi tranding topic tiap menjelang pergantian tahun, namun sesungguhnya untuk apa resolusi ini dibuat? Ketika kita mencoba sejenak meluangkan waktu kita untuk mengamati teman-teman atau orang disekeliling kita yang ditahun sebelumnya telah membuat resolusi, dan kemudian bertanya apakah resolusinya sudah tercapai? Jawabannya sangat beragam, ada yang masih proses, ada yang gagal, dan ada juga yang berhasil. Beragam jawaban tersebut sesungguhnya memberikan gambaran kepada kita bahwa resolusi saja tidak cukup. Ketika kita hanya membuat resolusi tanpa dilengkapi dengan bumbu semangat dan optimisme, maka resolusi ini hanya menjadi ucapan tanpa makna yang menjadi angin lalu saja. Hanya berucap “ingin” tanpa ada implementasi dalam perilaku guna mencapai keinginannya tersebut.

Sesungguhnya semangat dari resolusi ini merupakan keyakinan untuk mewujudkan target atau mimpi yang ingin kita capai, hal ini mutlak diperlukan bagi mereka yang ingin mencicipi manisnya kesuksesan. Keyakinan menjadi kata kunci disini, keyakinan bisa datang dari pengalaman pribadi, apa yang kita dengar atau apa yang kita baca. Ketika kita yakin akan terhadap sesuatu dalam hal ini mimpi atau targetan kita, maka kita tidak akan ragu, akan semakin bersungguh-sungguh, dan akan mengeluarkan semua potensi kita untuk mencapai target atau mimpi tersebut, hal ini lah yang dilakukan oleh mereka yang berhasil mewujudkan resolusinya di tahun sebelumnya.

Memang permasalahan seperti yang disebutkan diawal masih banyak dan bahkan jauh dari kata selesai, tetapi sudah sepantasnya sebagai individu yang selalu belajar, kita harus memiliki semangat dan optimisme bahwa di hari esok dan seterusnya akan menjadi hari yang lebih baik, semangat ini lah yang harus kita miliki di awal tahun 2013 ini. Meminjam istilah Anthony Robbins, “The past does not equal the future”, masa lalu tidak sama dengan masa depan, maka kita tidak perlu ragu menyambut hari esok, karena masa lalu memang menyimpan beragam cerita tetapi sesungguhnya masa depan dapat menciptakan sejuta harapan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s