Refleksi Qiyadah wal Jundiyah

iStock_000014793457Small

Sedikit saya akan membahas tentang refleksi diri pribadi saya mengenai pengalaman tentang konsep Al Qiyadah wah Jundiyah. Alhamdulillah saya telah merasakan bagaimana rasanya menjadi Qiyadah maupun menjadi seorang Jundi dalam suatu organisasi. Ketika saya masih di bangku SMA, saya cukup aktif dalam kegiatan berorganisasi, dalam hal ini saya mengikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Saat kelas X, saya menjadi salah satu dalam Badan Pengurus Harian (BPH), yaitu menjadi Bendahara 1, disini saya memerankan peran saya sebagai seorang jundi, banyak hal yang saya dapatkan, salah satunya sebagai seorang jundi kita harus mentaati arahan dan binaan pemimpin kita dalam hal ini ialah kelas XI, karena sesungguhnya kami hanyalah pengurus baru yang tidak memiliki pengalaman yang cukup. Banyak fenomena yang terjadi pada saat itu, yang sangat pajang jika diceritakan, tapi  salah satunya ialah, saat masa kepungurusan ternyata banyak pengurus kelas X lain yang entah kenapa alasannya, mereka akhirnya sering tidak ikut rapat, hingga kami pun ditegur oleh kelas XI. Mungkin masalah terbesar pada saat itu ialah bagaimana dapat menyatukan kekompakan dan visi kami selaku kelas X agar dapat tetap komitmen menjalankan amanah yang diberikan kepada kami hingga akhir jabatan. Kelas XI sering kali menegur kami dan meminta tolong kepada kami agar kami bisa kompak dan menganggap bahwa dalam organisasi ini kita ialah satu keluarga yang saling membutuhkan, tetapi kenyataannya semangat dan kekompakan kami hanyalah diawal saja, mulai pertengahan kepengurusan hingga akhir, ternyata banyak diantara kami yang sudah hilang semangatnya dan tidak mau mengikuti kegiatan dalam organisasi ini. Satu hal yang saya pelajari bahwa sebagai seorang jundi tidaklah mudah, disamping kita harus menjaga semangat dalam diri kita, tapi kita juga dituntut untuk menjaga semangat rekan rekan kita yang lain, menjaga agar mereka still on the track, setidaknya tetap menjaga dan melaksanakan amanah yang diberikan hingga akhir masa kepengurusan.

Akhir masa kepengurusan, setelah masa seleksi, pemilihan dan sebagainya, akhirnya saya diamanahkan untuk menjadi seorang Qiyadah dalam organisasi ini, Saya terpilih menjadi Ketua OSIS untuk periode berikutnya. Singkat cerita ternyata jauh lebih banyak pengalaman yang saya dapatkan ketika menjadi kelas XI khususnya menjadi seorang ketua. Ternyata memang benar sekali bahwa menjadi seorang Qiyadah lebih sulit dari pada menjadi Jundi, saya sering sekali adu argumen dengan guru, izin pelajaran untuk meminta persetujuan kegiatan, bahkan dibentak Kepala Sekolah demi tercapainya suatu acara, awalnya saya kira permasalahan tersebut ialah permasalah yang cukup besar, tetapi ternyata apa yang saya alami ini masih masalah kecil, karena permasalahan yang lebih besar ialah bagaimana memimpin anggota-anggota saya, bukan hanya kelas X selaku pengurus baru, tetapi juga kelas XI sebagai rekan kerja saya. Bagi saya mengatur manusia jauh lebih sulit daripada mengatur suatu acara. Kelas XI sering sekali berbeda pendapat untuk menentukan suatu kebijakan, sehingga membuat kelas X menjadi bingung, dan peran saya ialah menengahi untuk memberikan alternatif yang dapat diterima oleh semua pihak. Sebagai seorang pemimpin selain harus peka, harus dapat memberikan alternatif alternatif solusi yang efektif, juga harus dapat memberikan motivasi kepada anggotanya, karena pada kepengurusan saya pun permasalahannya sama ialah ada anggota yang menjadi tidak bersemangat dan tidak ingin ikut rapat baik dari kelas X, maupun kelas XI,  Qiyadah haruslah dapat memberikan contoh dan selalu bersemangat dalam setiap hal, agar seluruh anggota dapat bersinergis selama masa kepengurusan untuk mencapai tujuan bersama.

Semoga apa yang saya lakukan dapat dipertanggungjawabkan di akhirat kelak, kesempurnaan datangnya dari Allah, kesalahan datangnya dari saya..

Leave a Reply

