Review: Beginilah Jalan Dakwah Mengajarkan Kami

beginilah_jalan_dakwah-500x500

Dalam buku “Beginilah Jalan Dakwah Mengajarkan Kami” memberikan banyak sekali inspirasi dan pengetahuan akan pentingnya dakwah dan seberapa besar manfaat dakwah dalam hidup kami selaku kaum muslimin. Disini saya akan mencoba memberikan sedikit mereview dari buku luar biasa ini.

Mengapa kami berada di jalan dakwah? Karena memang kami membutuhkan jalan ini, sebagai penyangga kebahagiaan dunia dan akhirat kami. Sesungguhnya kami selaku kaum muslimin dan muslimat membutuhkan dakwah, dan bukanlah dakwah yang membutuhkan kami, karena dakwah mengajarkan kepada kami tentang kekuatan persatuan dan ukhuwah, tentang betapa nikmatnya mencintai karena Allah, berpisah karena Allah dan bertemu karena Allah.  Jalan dakwah mengajarkan bahwa kami selaku kaum muslimin haruslah saling mendoakan bahkan dikala sepi, karena Allah akan meridhoi doa orang-orang shaleh yang mengerjakan amal ibadah yang mendoakan orang lain disamping dirinya,  sebagaimana tercantum dalam firman Allah, QS Asy Syu’ara : 26

Orang-orang yang berjuang dijalan dakwah adalah mereka yang memilih jalannya sendiri, bukan karena paksaan atau tuntutan pihak lain, atau bukan karena sosok figur yang menjadi panutan kami, akan tetapi karena keikhlasan dari dalam diri kami sendiri untuk berjuang di jalan Allah. Maka perjalanan ini tidak boleh terhenti, memang dalam perjalanan ini akan kami temui hambatan dan kesulitan-kesulitan yang mungkin saja membuat kami menyerah atau putus asa, tetapi karena kami telah yakin dalam hati kami untuk memperjuangkan jalan Allah, maka kami dituntut harus tetap sabar dan ikhlas menjalaninya demi mendapatkan ridha dari Allah, karena Allah menyayangi orang-orang yang menyerukan kebaikan dan memperingatkan akan kemungkaran.

Jalan dakwah memberikan kesempatan bagi kami untuk mengembangkan potensi diri kami, yang sebelumnya tidak kami miliki dan sekarang sangat kami syukuri, dengan kedekatan kepada Allah telah membuka saluran-saluran amal dan kontribusi kebaikan yang cukup banyak, sehingga kami dapat memanfaatkan potensi yang kami miliki untuk melakukan berbagai kebaikan, kami tidak tahu apa yang akan terjadi jika kami tidak berada dalam jalan ini. Dalam jalan ini kami mendapatkan berbagai macam masukan, kritik, nasihat, arahan, ataupun teguran yang sangat kami butuhkan. Memang teguran itu terkadang pahit, tetapi teguran itu bagaikan obat yang rasanya tidak enak, yang dengan obat tersebut maka penyakit akan sembuh, begitu pula dengan teguran, dengan teguran ataupun kritik maka kesalahan-kesalahan kita akan diperbaiki.

Jika kami berjuang sendiri maka perjuangan kami akan memberikan efek yang minim bahkan bisa dibilang akan tergilas oleh desakan pergaulan saat ini, oleh karena itu sangatlah dibutuhkan konsep amal jamai dalam perjuangan dakwah ini. Dengan bergerak secara bersama sama maka kekuatan kami akan semakin kuat, jika kekuatan kami semakin kuat maka akan memberikan hasil dengan efektifitas yang tinggi dalam perjuangan ini. Bekerja dalam Islam memerlukan suatu organisasi yang tertata rapih yang mengikat hubungan antara anggota di dalamnya, dan mutlak memerlukan pemimpin didalamnya, pemimpin disini ialah seseorang yang paling baik akhlaknya, paling lembut dengan teman-temannya, paling mudah terketuk hatinya dan dapat dimintakan pemikirannya untuk memberikan persetujuan terhadap suatu permasalahan.

Beginilah jalan dakwah mengajarkan kami, kami bahagia dan bangga karena Allah telah memilih kita berada di jalan ini. Allah SWT telah mengistimewakan kita menerima nikmat berjama’ah dan ini adalah karunia terbaik yang kita terima setelah karunia keimanan kepada Allah SWT. Karunia yang tidak kita dapat karena nasab, status, harta maupun ilmu. Tapi ia semata-mata karunia Allah SWT Yang Maha Rahman, Yang menuntun langkah kita hingga sampai di sini, di jalan ini, pada detik ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s