Review: Mencari Format Gerakan Dakwah Ideal

mecari-format-gerakan-2

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru pada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar. Merekalah orang-orang yang beruntung.” (Al-Imran:104). Sebagaimana dijelaskan dalam ayat tersebut, maka kita selaku umat yang memiliki agama yang sempurna, diwajibkan untuk menyeru di jalan dakwah, mengingatkan kepada orang lain dan menjaganya agar tidak terjatuh kedalam lubang kezhaliman, sehingga pada akhirnya pun kejayaan Islam dapat kembali diraih, dan berbagai kerusakan-kerusakan yang terjadi dapat dihentikan. Buku ini menjelaskan dengan sistematis, terkait dengan permasalahan-permasalahan yang dialami umat Islam pada zaman ini,  terutama terhadap dua faktor yang sangat penting yaitu tentang urgensi membentuk gerakan Islam dan arus gerakan Islam kontemporer.

Jika kita tengok sejenak keadaan saat ini, dimana kerusakan semakin banyak dan menyebar diberbagai sudut kehidupan. Segala jenis penyimpangan merasuk keseluruh aspek kehidupan masyarakat, dan aturan-aturan agama pun hanya terlihat sebagai suatu formalitas belaka, yang tidak memberikan pengaruh apapun. Salah satu contoh kerusakan seperti kerusakan dalam hukum dan politik, kekuasaan dijadikan suatu alat kesewenang-wenangan bagi para penguasa dan mengenyampingkan aturan Islam yang seharusnya menjadi pedoman hukum tertinggi. Dalam kehidupan sosial, kaum wanita yang seharusnya dimuliakan dan memliki derajat yang tinggi, tapi sekarang menjadi suatu pedang untuk melawan Islam, wanita diperjual-belikan sebagai barang murahan yang dipersembahkan sebagai santapan pelampiasan syahwat zionis internasional. Serta masih banyak lagi permasalahan yang menimpa umat di masa ini. Sungguh suatu keadaan yang sangat memprihatinkan dan dibutuhkan solusi terbaik, dan sebagaimana kita tahu bahwa solusi terbaik ialah hanya dengan mengembalikannya kepada Allah, dan memperbaikinya sesuai dengan petuntuk-petunjuk yang telah Allah berikan.

Melihat permasalahan yang dihadapi umat dimasa ini, haruslah dibentuk suatu organisasi Islam yang sesuai dengan konsep syariat. Dakwah menjadi suatu jalan keluar terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi umat ini. Dalam suatu pergerakan dakwah, sangat dibutuhkan konsep amal jamaai, karena sesungguhnya setan itu bersama orang-orang yang menyendiri, Maka dengan beramal jamai dimana di dalamnya terdapat qiyadah yang amanah dan sabar serta jundiyah yang taat terhadap qiyadahnya, pergerakan dakwah ini akan berjalan dengan baik. Dikarenakan realitas hidup pada saat ini dengan berbagai serangan modernisasi dan westernisasi, kewajiban jihad pun menjadi lebih penting dibandingkan dengan masa tabi’in. Maka peran da’i pun menjadi sangat mulia, peran da’i laksana peran para nabi, peran yang diletakkan Allah dan Rasulnya diatas leher ulama yang ikhlas dan da’i yang jujur. Da’i akan  menjadi kuat, jika aktifitas dakwahnya disertai dengan kesadaran, pemahaman yang benar, dan keistimewaan, serta selalu jujur dalam perkataannya. Tanpa syarat-syarat itu sebuah jamaah yang dibentuk hanya akan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang lemah yang kehilangan kekuatan, dan Allah mengharamkan pertolongan-Nya kepada mereka.

Bab dua buku ini membahas tentang arus Islam kontemporer, dimana didalamnya terdapat karakter gerakan islam penyelamat, yang dianggap sebagai pilar penting dalam gerakan ini. Karakter-karakter tersebut ialah referensi dan konsep amal Islam yang menetapkan tujuan, sarana, cara menghadapi berbagai situasi dan kondisi, berlandaskan kepada kitabullah, sunnah dan sirah Rasulullah yang suci,  selanjutnya harus ada kejelasan visi jamaah dalam mencapai tujuan dan metode dalam beramal. Setelah jamaah berhasil diselamatkan dari realitas jahiliah, hal yang harus didahulukan ialah tarbiyah individu, sehingga benar-benar dapat menanggalkan jejak masa lalu jahiliah pada pikiran, perasaan dan perilaku mereka. Jamaah harus dapat memberikan pengaruh pada sisi amal dibandingkan pada sisi teori, tidak ada gunanya berlama-lama membahas suatu hal dan berkutat dalam teori saja jika tidak diaplikasikan dalam kehidupan. Lalu hendaknya jamaah mengambil seluruh sebab-sebab syar’i untuk menegakkan negara Islam. Meletakkan hukum Allah di puncak semua hukum yang ada, sehingga semua dapat berjalan dengan adil dan tidak ada fitnah lagi dalam kehidupan.

Dan untuk dapat merealisasikan tujuan demi kejayaan agama Allah ini, demi merasakan nikmatnya perjuangan di jalan Allah walaupun cobaan yang sangat berat, tetapi kita tetap mendapatkan nikmat yang luar biasa, maka suatu jamaah harus memiliki saran yang layak untuk mencapainya. Dan sarana yang dimaksud disini ialah sistem pemikiran, pendidikan, dan jihad yang dipelajari dalam Al-Quran, haduts, dan sirah Rasulullah saw, serta ilmu-ilmu Islam lainnya. Kemudian dibutuhkan sistem yang baik mengenai peraturan dan jamaah yang mengikat setiap anggotanya, sehingga tumbuh didalamnya ukhuwah islamiyah, keharmonisan, dan ketaatan kepada qiyadah. Terakhir dibutuhkan suatu strategi yang baik dan tepat dalam beramal. Sesunggunya kejahatan yang terorganisasi akan mengalahkan kebaikan yang tidak direncakan secara matang. Tanpa strategi dan perencanaan, jamaah akan jatuh. Karena itulah sangat penting bagi kita selaku jamaah untuk peka dan memperhatikan realitas yang ada sehingga dapat memperhitungkan strategi yang tepat dan benar untuk digunakan di jalan dakwah ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s