Subsidi BBM-Kotak Pandora Pemerintah

subsidi-bbm

Subsidi BBM saat ini menjadi permasalahan sensitif yang membutuhkan penyelesaian segera oleh Pemerintah. Pasalnya pemerintah dihadapkan pada dua posisi yang paradoks, dimana ia harus menyelamatkan anggaran Negara yang membengkak akibat dari subsidi BBM demi menjaga pertumbuhan perekonomian nasional, tetapi dilain pihak pemerintah juga harus melindungi masyarakat dengan kemampuan membeli rendah, yang akan mengalami kesulitan ketika harga BBM naik.

Saat ini berdasarkan data BPS tahun 2012,  kondisi perekonomian Indonesia relatif cukup stabil yaitu sekitar 6,3-6,5%, bahkan untuk tahun 2014 diproyeksikan pertumbuhan perkonomian dapat mencapai 6,7%. Tetapi proyeksi ini belum tentu berjalan jika harga minyak mentah dunia semakin melambung tinggi dan pemerintah masih mensubsidi BBM. Ironisnya masih banyak ditemukan permasalahan yang terkait dengan subsidi BBM, seperti pendistribusian BBM yang belum merata, penggunaan subsidi BBM yang tidak tepat sasaran, atau penyelundupan BBM bersubsidi oleh pihak-pihak tertentu.

Pemerintah sebagai regulator harus segera memikirkan solusi terbaik dari permasalahan ini, jangan hanya melihat dari kacamata pemerintahan, tetapi juga harus berkaca dari daya beli masyarakat saat ini. Pun seandainya harga BBM naik akibat pengurangan subsidi, sudah semestinya pemerintah menjalankan fungsi edukasional kepada masyarakat untuk menginformasikan alasan logis diberlakukannya kebijakan tersebut, dan apa bentuk tanggung jawab pemerintah mengatasi dampak dari kenaikan harga BBM. Pemerintah juga harus mempertimbangkan aspek lain, karena pembengkakan anggaran negara bukan hanya akibat dari subsidi BBM, permasalahan korupsi dan inefesiensi anggaran juga harus dipertimbangkan oleh pemerintah.

Permasalahan subsidi BBM seakan menjadi kotak pandora yang saat ini dipegang Pemerintah. Ia siap dibuka kapan saja jika Pemerintah tidak mempersiapkan dengan baik, dan menimbang segala risiko yang mungkin terjadi apapun keputusannya kelak entah menaikkan harga BBM atau tetap menjaga subsidi BBM. Saat kotak itu terbuka maka berbagai keburukan dan dampak negatif akan dirasakan semua pihak, terutama oleh masyarakat kecil-menengah yang masih memiliki daya beli yang rendah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s