Taktik Mempengaruhi Seorang Pemimpin

Image

Referensi: Andrew J. DuBrin, Principles of Leadership, Sixth Edition, Canada: Nelson Education, Ltd, 2010.

Tanpa taktik mempengaruhi yang efektif, seorang pemimpin seperti seorang pemain bola yang  tidak belajar untuk menendang bola, atau mungkin seorang pembawa berita yang tidak dapat berbicara. Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi. Untuk menjadi pemimpin yang efektif, seseorang harus lebih memperhatikan secara spesifik taktik yang digunakan untuk mempengaruhi orang lain. Dalam bab ini kita akan mendiskusikan sejumlah taktik spesifik untuk mempengaruhi, meskipun aspek lain dalam kepemimpinan nantinya juga akan mempengaruhi kemampuan menggerakkan orang lain. Sebagai contoh, pemimpin yang kharismatik akan lebih mudah mempengaruhi orang lain, dengan kekuatan dan kekuasaan mempengaruhi bukanlah hal yang sulit, selanjutnya kemampuan motivasi dan pelatihan juga akan mempengaruhi orang lain untuk bergerak.

Konsep influence and power kadang-kadang digunakan secara terbalik, di satu sisi kekuatan akan menciptakan kemampuan untuk mempengaruhi, disisi lain kemampuan mempengaruhi juga dapat menciptakan kekuatan. Pengaruh merupakan kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain kedalam suatu arah tertentu.Taktik mempengaruhi tumbuh menjadi sesuatu yang penting karena banyak sekali pemimpin atau professional perusahaan yang  harus dapat mempengaruhi orang lain tanpa memiliki otoritas formal atas orang lain. Sebagai contoh wakil presiden google ketika harus melobby teknisi Gmail yang tidak bekerja padanya untuk memodifikasi software  untuk mendata customer potensial.

Faktor lain yang berkontribusi dalam taktik mempengaruhi ialah karyawan sering meragukan pemimpinnnya, khususnya CEO. Chapter ini akan menggambarkan model dari kekuatan dan pengaruh, sebuah deskripsi dan penjelasan taktik mempengaruhi (baik secara etis maupun kurang etis), sebuah deskripsi bagaimana pemimpin mempengaruhi perubahan yang besar, dan sebuah ringkasan dari penelitian tentang efektifitas relatif dan peruntunan dari taktik mempengaruhi. Disini juga akan dipresentasikan teori mengenai ekspektasi anggota grup terhadap seorang pemimpin dalam rangka untuk dipengaruhi olehnya.

 

Model Kekuatan dan Pengaruh ( A Model of Power and Influence)

Image

 

Model diatas mengilustrasikan bahwa hasil akhir dari pengaruh pemimpin (outcomes) adalah suatu komitmen yang utuh, kepatuhan, atau bahkan resistensi dari orang yang kita pengaruhi. Taktik mempengaruhi akan dimoderatori atau dipengaruhi oleh ciri atau karakter pemimpin, perilaku pemimpin dan situasi yang terjadi.

Komitmen adalah hasil terbaik, dimana orang yang menjadi target dari proses mempengaruhi ini akan secara antusias menjalankan apa yang diminta dengan usaha terbaik yang bisa dilakukan. Komitmen ini sangat penting untuk sesuatu yang kompleks, tetapi merupakan tugas yang berat karena membutuhkan konsentrasi dan usaha yang penuh dari orang yang menjalankannya.

Kepatuhan (Compliance) berarti pengaruh upaya mempengaruhi ini sebagian telah berhasil, target orang yang dipengaruhi memiliki sikap apatis (tidak terlalu gembira) tentang melaksanakan permintaan tersebut dan hanya membuat upaya sederhana. Orang yang mempengaruhi hanya merubah tindakan seseorang tapi tidak merubah sikap orang tersebut. Seorang sopir truk jarak jauh mungkin memenuhi tuntutan bahwa ia hanya akan tidur di jam-jam tertentu antara tempat tujuan yang ia tuju, tetapi ia tidak menjadi antusias dalam mengerjakan pekerjaannya. Kepatuhan lebih kepada tugas rutin yang dijalankan, seperti menggunakan topi pengaman pada daerah konstruksi. Artinya mereka hanya sekadar patuh tanpa ada pemahaman mendalam didalamnya mengapa mereka harus patuh.

Resisten (Resistence), adalah akibat dari taktik mempengaruhi yang dapat dikatakan gagal, orang yang dipengaruhi melawan untuk menjalankan apa yang diminta dan mencari jalan lain untuk tidak melakukan pekerjaan tersebut. Resisten termasuk membuat alasan mengapa suatu tugas tidak bisa dilaksanakan, menunda-nunda pekerjaan, atau secara terang-terangan menolak tugas yang diberikan.

Berpijak kebagian kiri dalam model diatas, ciri-ciri personal atau karakter pemimpin sangat berhubungan dengan hasil dari taktik mempengaruhi. Seorang pemimpin yang ekstrovert dan hangat  dimana ia juga memiliki karisma akan lebih mudah menggunakan taktik mempengaruhi dibandingkan dengan pemimpin yang introvert dan dingin. Sebagai contoh seseorang membuat suatu seruan yang menginspirasi. Seorang pemimpin sangat cerdas akan mampu mempengaruhi orang lain dengan mudah karena ia telah membangun reputasi sebagai ahli dari subyek tersebut. Apapun taktik memengaruhi pemimpin yang dipilih, tujuannya adalah untuk mendapatkan anggota kelompok pada nya atau sisinya.

Perilaku pemimpin juga berhubungan dengan hasil dari taktik mempengaruhi dalam berbagai jalan, biasanya karena taktik mempengaruhi adalah aksi atau perilaku. Sebagai contoh, seseorang yang memberikan contoh dalam pengerjaan sesuatu akan lebih mudah diikuti, seperti seorang sekretaris manajer yang giat dan ramah akan menjadi role model yang baik bagi mereka yang ingin menjadi sekretaris manajer juga. Artinya ketika seseorang dapat melihat apa yang dilakukan orang lain, maka akan lebih mudah untuk diikuti, dibandingkan jika kita hanya memberikan arahan instruksional saja.

Terakhir, situasi juga memberikan kontribusi dalam hasil taktik mempengaruhi. Struktur atau subkultur organisasi  adalah salah satu faktor kunci dari aspek situasi ini. Kita ambil contoh, dalam lingkungan yang berbasis teknologi tinggi, perintah atau arahan yang bersifat emosional akan tidak seefektif ketika kita menggunakan persuasi yang rasional dan menjadi subjek yang ahli dibidangnya, karena pekerja yang berbasis teknologi tinggi akan lebih menyukai sesuatu yang berdasarkan fakta dan bukan perasaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s