The Art of Development

Image

Pengembangan manusia merupakan konsepsi untuk menciptakan pribadi-pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, ia merupakan aktifitas seni karena membutuhkan keterampilan dan kreatifitas dari pihak pengembang. Hal menarik ketika kita menjadi seorang yang berfokus pada aktifitas pengembangan manusia maka secara tidak sadar pribadi kita akan turut berkembang menjadi lebih baik. Semakin banyak orang yang kita optimalkan kemampuannya, diberikan pemahaman mengenai seberapa hebatnya makhluk bernama manusia, dan segala potensi yang dimilikinya, maka potensi-potensi tersembunyi dalam diri kita pun akan turut keluar.

Banyak unsur yang terlibat ketika kita berbicara mengenai kegiatan pengembangan manusia, kita berbicara mengenai motivasi, pelatihan, pemahaman diri, karakter, dan lain sebagainya. Seluruh unsur tersebut ibarat warna-warna dalam cat air yang kita gunakan untuk menciptakan lukisan terbaik, dimana hasil lukisan tersebut ialah terbentuknya pribadi yang memiliki skill dan kompetensi terbaik yang berguna di bidangnya.

Salah satu unsur dalam aktifitas pengembangan ialah “penguatan”, bagaimana kita dapat meyakinkan orang lain bahwa ia merupakan pribadi yang istimewa dengan segala potensi yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dalam bukunya Maxwell menceritakan seorang program liaison dari Los Angles yang mengatakan, “Kita membutuhkan pemimpin yang dapat menyemangati orang dan menciptakan pemimpin lain. Sudah tidak memadai lagi bagi seorang manajer untuk hanya memastikan setiap orang memiliki sesuatu untuk dikerjakan dan dapat menghasilkan sesuatu. Saat ini, semua pekerja harus melakukan buy in dan merasa memiliki segala sesuatu yang sedang mereka kerjakan. Untuk memupuk hal itu, penting sekali untuk mendorong mereka membuat keputusan paling langsung menyentuh diri mereka. Itulah cara membuat keputusan yang terbaik. Itulah inti dari penguatan”.

Sejatinya aktifitas penguatan tidak jauh berbeda dengan proses marketing, bedanya yang kita internalisasikan dan coba kita pasarkan ialah lebih dari sekadar produk biasa yang diciptakan manusia, melainkan potensi yang dimiliki setiap orang sebagai anugrah yang diberikan Tuhan.

Pengembangan manusia merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan, ibarat memberikan warna terbaik pada kanvas kosong, maka aktifitas pengembangan ialah tentang bagaimana kita dapat menjadi tangan Tuhan yang membantu orang lain untuk memahami dirinya, memberinya warna, dan membuat dirinya menjadi pribadi yang lebih baik, yang dapat memberikan manfaat yang nyata pada bidang yang ia kuasai.  Ya, itulah seni pengembangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s